Monday, July 15, 2024
HomeDaerahMasa Pandemi Covid, Ribuan Angkot Tidak Beropersi

Masa Pandemi Covid, Ribuan Angkot Tidak Beropersi

KARAWANG – Jumlah angkutan kota yang beroperasi di Kabupaten Karawang terus menyusut. Dari 55 izin trayek yang terdata di Dinas Perhubungan (Dishub), hanya 33 trayek yang aktif.

Belum lagi sejak pandemi Covid -19, jumlah angkutan kota (angkot) yang beroperasi pun semakin menyusut tinggal sekitar 1000 an pengemudi.

Kabid Angkutan Dishub Karawang, Dikhy Gunawan, mengatakan berdasarkan data terakhir yang dimiliki yakni tahun 2009 lalu ada sekitar 3000an angkot yang beroperasi, saat ini hanya tersisa 1500-an angkutan yang masih bisa bertahan.

“Sekarang kan sudah mulai berkembang pesat angkutan online baik roda dua maupun empat ya, jadi hampir setiap tahunnya, secara drastis banyak trayek yang tidak digunakan karena angkutannya pun semakin berkurang,” kata Dikhy , Jum’at (14/8).

Sementara, Kasie Angkutan Dishub Karawang, Yunus Kusriwanto membenarkan selain maraknya angkutan online, pandemi Covid – 19 saat ini memberikan dampak yang sangat besar dan membuat nasib angkot semakin terpuruk.

“Armada yang aktif mengangkut penumpang pun bisa dihitung menyusut hingga hanya 1000an,” terangnya.

Apalagi ditambah anak – anak sekolah yang diliburkan karena terdampak wabah covid-19 dan diberlakukan belajar dan perkuliahan daring, paling dalam satu putaran mereka (angkot) ini hanya membawa dua sampai tiga penumpang saja.

“Sebagian besar penumpangnya adalah pelajar dan mahasiswa. Adapun angkot yang saat ini beroperasi sebagian besar rute melintasi pasar,” lanjut Yunus.(nin/red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments