Saturday, July 13, 2024
HomeBeritaPemkab Sumedang Jajaki Kerja Sama Dengan ITB Terkait Penataan Kawasan Jatinangor

Pemkab Sumedang Jajaki Kerja Sama Dengan ITB Terkait Penataan Kawasan Jatinangor

SUMEDANG | ONEDIGINEWS.COM | Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman menyampaikan, Jatinangor sebagai kawasan pendidikan bertaraf nasional dengan banyaknya peserta didik dari berbagai penjuru tanah air mengalami  peningkatan jumlah penduduk disertai berbagai permasalahan sosial lainnya.

 

Hal itu dibahas dalam acara silaturahmi dan audiensi antara Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman dengan Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D beserta jajaran di Gedung Rektorat ITB, Tamansari Bandung, Rabu (22/11/2023).

“Terjadi kepadatan penduduk, ditambah perubahan kondisi sosial, masalah sampah hingga sanitasi, air bersih dan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Meskipun pertumbuhan kota terus meningkat, namun menurutnya tidak disertai peningkatan sarana dan prasarana.

“Pertumbuhan kota tidak berbanding lurus dengan pengelolaan kawasan kota yang begitu kompleks. Maka dari itu, perlu ada kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menangani berbagai permasalahan yang ada, termasuk dari akademisi,” ujarnya.

Dikatakan Pj Bupati, telah ada Perda tentang Kawasan Perkotaan Jatinangor (KPJ) yang diharapkan bisa memancing _insight_ terkait dengan pengelolaan perkotaan berdasarkan regulasi yang berlaku.

“Di ITB banyak ahli ahli yang bisa memberikan _advice_ sebagai solusi kreatif terhadap penanganan permasalahan Jatinangor. Mudah-mudahan hal konkret ini di 2024 dapat segera dilakukan,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah menyampaikan, perlu adanya riset untuk menganalisis kebutuhan yang ada di Jatinangor.

Pihaknya pun berupaya mempertimbangkan penjajakan kerja sama dengan Pemda.

“Banyaknya ahli lingkungan di ITB diharapkan bisa memberikan  rekomendasi kepada Pemda untuk penanganan kawasan Jatinangor untuk jangka panjang,” ujarnya.

Dikatakan olehnya, sesuai Visi Misi ITB
” _In harmonia progresio_”, atau maju bersama juga ” _Locally relevan, globaly respect_ “, pihaknya siap bekerja sama untuk mengembangkan wilayah sekitar kampus.

“Jadi nomor satu harus menjadi institusi yang relevan  dengan masyarakat lokal. ITB ada di Jatinangor. Tentu kita harus  menjadi solusi untuk kawasan Jatinangor,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Pj Bupati Sumedang,  Plh Sekda Asep Uus Ruspandi, Kepala Diskominfosanditik Bambang Rianto, Kepala Disbudparpora Sumedang Nandang Suparman, Sekretaris Bappppeda Yanuarti Kania Dewi dan Kabid Sapras Pendidikan pada Dinas Pendidikan Indra Wahyudinata. [**]

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments